Friday 6 September 2013

Kapan Sepatu Olah Raga Lari Tidak Boleh Dipakai

Ryan Hall, salah satu pelari jarak jauh terbaik di dunia , yang digunakan untuk kebanggaan dirinya mengenakan shoes larinya ke nubs . Tidak ada lagi . Sekarang dia tekun menggantikan sepatu setelah berjalan sekitar 200 mil di dalamnya . Dia melewati dua pasang per bulan .

" Saya tahu bahwa sepatu saya mungkin bisa menangani beberapa ratus mil lagi sebelum mereka usang , tetapi kesehatan saya sangat penting bagi saya bahwa saya ingin selalu memastikan bahwa peralatan saya segar , " katanya .

Tentu saja Mr Hall, disponsori oleh Asics , tidak harus membayar untuk sepatunya . Sebagian besar sisa dari kita , dan pada sekitar $ 100 sepasang mereka tidak murah . Namun kita diperingatkan terus-menerus untuk menggantikan mereka sering, karena berjalan di sepatu tipis dapat menyebabkan luka yang dapat mengambil bulan untuk menyembuhkan .

Jadi, inilah pertanyaan sederhana : Bagaimana Anda tahu kapan sepatunya siap bagi mereka sampah buangan di pusat kebugaran ? Dan jika Anda terluka , apakah adil untuk menyalahkan sepatu Anda ?

Teman saya Jen Davis berjalan lebih dari 100 mil per minggu , seperti Mr Hall, tetapi memiliki seperangkat kriteria yang berbeda untuk menyingkirkan sepatu . Salah satunya adalah bahwa jika mereka bau bahkan setelah ia mencuci mereka dalam mesin cuci nya , saatnya untuk pasangan baru . Dia memperkirakan ia menempatkan 500 mil pada setiap sepasang sepatu .

Henry Klugh , pelatih berjalan dan manajer The Inside Track, sebuah toko berjalan di Harrisburg , Pa , mengatakan ia pergi sejauh 2.000 mil dalam sepatu . Dia sering berjalan pada jalan-jalan tanah , kata dia , yang lebih mudah pada sepatu daripada aspal dan tidak kompres dan memukuli midsole sebanyak .

Pelatih saya , Tom Fleming , memiliki metode sendiri . Letakkan satu tangan di sepatu Anda , dan tekan di telapak dengan tangan lain . Jika Anda dapat merasakan jari-jari Anda menekan melalui , sepatu usang - bantalan yang benar-benar dikompresi atau sol luar dikenakan tipis .

Seperti untuk saya , praktek saya telah untuk melacak mil aku berjalan dengan masing-masing pasangan dan menggantinya setelah 300 mil . Siapa yang benar? Mungkin tidak satupun dari kita . Menurut Rodger Kram , seorang peneliti biomekanik di University of Colorado , teori ini adalah bahwa Anda harus mengubah sepatu sebelum etilena vinil asetat , atau EVA , yang baris paling menjalankan sol sepatu rusak .

" Pikirkan sepotong Wonder Bread , jenis keluar berbulu dari tas, " katanya . " Tapi smoosh itu turun dengan tumit telapak tangan , dan itu datar dengan ada rebound . "

Sebuah jumlah yang moderat bantalan meningkatkan ketrampilan menjalankan efisiensi , ia telah menemukan . Tapi seperti apakah bantalan mencegah cedera , dia berkata, " Saya ragu bahwa ada data yang baik . "

Dr Jacob Schelde dari Odense University Hospital di Denmark , telah mencari uji klinis yang membahas bantalan dan pertanyaan cedera - dan telah menemukan tidak ada . Dia mengajukan dana untuk melakukan satu sendiri , sebuah studi 15 bulan dengan 600 pelari .

Dr Schelde menemukan studi tentang tingkat cedera antara pelari , diterbitkan pada tahun 2003 , yang memiliki beberapa data yang relevan meskipun itu bukan percobaan klinis acak dan usia sepatu tidak fokus utamanya . Penelitian itu besar dan diuji pelari teratur dalam program pelatihan 13 minggu . Para peneliti gagal menemukan hubungan yang jelas antara berapa lama sepatu lari yang dipakai dan resiko seorang pelari cedera .

Hal ini juga sulit untuk menemukan data yang baik pada berapa lama EVA sol terakhir. Tapi satu studi menyeluruh , yang dipimpin oleh Ewald Max Hennig dari laboratorium biomekanik di University of Duisburg - Essen di Jerman , melibatkan 18 tahun pengujian sepatu 1991-2009 . Para peneliti mengukur kinerja 156 model sepatu yang dikenakan oleh pelari . Dr Hennig dan rekan-rekannya menulis bahwa jenis pengujian mekanik yang produsen sepatu lakukan untuk mengevaluasi bahan bantalan tidak mencerminkan apa yang terjadi ketika orang benar-benar dijalankan .

Selama bertahun-tahun , menjalankan kualitas sepatu terus meningkat , para peneliti melaporkan . Sepatu juga berubah karena menjalankan mode wax dan menyusut . Syok redaman , misalnya, berkurang mulai sekitar tahun 2000, ketika ada pembicaraan tentang sepatu menyediakan terlalu banyak bantalan .

Kemudian, ketika bantalan menjadi modis lagi, itu kembali . Tapi begitu pula sepatu minimalis dirancang untuk iseng berjalan tanpa alas kaki , yang hampir tidak memiliki bantalan .

Di Eropa , para peneliti melaporkan , orang-orang biasanya memakai sepatu selama sekitar 600 mil . Tetapi studi mereka menunjukkan bahwa sepatu bisa bertahan lebih lama lagi .

Kebanyakan pembuat sepatu , tentu saja , akan lebih memilih untuk melihat kami perdagangan lebih cepat . Kira Harrison , juru bicara Brooks , mengatakan sepatu harus berlangsung selama 400 sampai 500 mil. Model sangat ringan terakhir sekitar 300 mil , katanya .

Penelitian biomekanik telah menunjukkan bahwa setelah mereka jarak sepatu kehilangan mental mereka, katanya : " Semua orang di industri tahu standar itu. "

Gavin Thomas , juru bicara Nike , mengatakan rentang hidup sepatu itu tergantung pada jenis sepatu - ringan atau lebih berat empuk - dan pada berat pelari dan gaya berjalan. Mereka yang ringan pada kaki mereka dapat memakai sepatu lebih lama daripada mereka yang menggebrak tanah . Mereka yang berjalan di permukaan yang lembut dapat menjaga sepatu mereka lagi .

Setelah 300 atau 400 mil , Mr Thomas mengatakan , sepatu khas dipakai oleh pelari yang khas tidak akan merasa seperti dulu , tanda itu aus .

Tapi Emas Harper , pengembang Altra sepatu lari dan pendiri perusahaan , kata saran pada jarak tempuh adalah " banyak omong kosong . " Mr Harper , seorang pelari jarak jauh, mengatakan sebagian besar pelari bisa merasakan kalau sepatu mereka perlu diganti . " Anda mendapatkan rasa untuk itu , " katanya . " Tidak sakit , tapi akan segera. "

Jadi, ketika Anda harus pensiun mereka sepatu lari setia , dan apa yang terjadi jika Anda tidak ? Meskipun peringatan hari kiamat , tidak ada yang benar-benar tahu . Dan dengan begitu banyak variabel - jenis sepatu , berat pelari , permukaan berjalan , berlari gaya - tidak pernah mungkin jawaban sederhana .

Tapi kita dapat mengambil kenyamanan dalam karya Dr Hennig itu . Bahkan orang-orang seperti Henry Klugh , yang dimasukkan ke dalam banyak mil lebih daripada kebanyakan pedoman menyarankan mungkin masih baik-baik saja . Sepatu mereka masih dapat tampil .

No comments:

Post a Comment